Budidaya Ikan Mas Koki Mutiara


1. PENDAHULUAN
Ikan koki mutiara merupakan jenis ikan mas yang mempunyai tubuh bulat dengan kepala kecil dan ekor lebar. Ikan ini berasal dari daratan cina, namun di Indonesia sudah lama dapat dibudidayakan.
Pemasaran ikan ini selain di dalam negeri juga merupakan jenis ikan yang di eksport dan harganyapun cukup tinggi.
2. PEMIJAHAN
1) Pemilihan induk

a. Induk yang baik untuk dipijahkan sudah berumur + 8 bulan, dengan ukuran minimum sebesar telur itik.
b. Pilih induk yang berkepala kecil dengan tubuh bulat, sisik utuh dan tersusun rapih. Jika ikan sedang bergerak, ekor dan sirip akan kelihatan tegak.
c. Untuk mendapatkan keturunan yang berwarna, maka calon induk yang akan dipijahkan berwarna polos. Gunakan induk jantan berwarna putih dan betina berwarna hitam atau hijau lumut atau sebaliknya.
2) Perbedaan jantan dan betina

INDUK JANTAN
INDUK BETINA
Pada sirip dada terdapat bintik-bintik bulat menonjol dan jika diraba terasa kasar.
Pada sirip dada terdapat bintik-bintik dan terasa halus jika diraba.
Induk yang telah matang jika diurut pelan kerarah lubang genital akan keluar cairan berwarna putih Jika diurut, keluar cairan kuning bening. Pada induk yang telah matang, perut terasa lembek dan lubang genital kemerah-merahan.
3) Cara pemijahan

a. Bak/aquarium yang telah bersih diisi dengan air yang telah diendapkan + 24 jam, kemudian letakkan eceng gondok untuk melekatkan telurnya.
b. Pilihlah induk yang telah matang telur, masukkan kedalam bak pada sore hari. Bila pemilihan induk dilakukan dengan cermat, biasanya keesokan harinya telur sudah menempel pada akar eceng gondok.
c. Karena telur tidak perlu dierami, induk dapat segera dipindahkan ke kolam penampungan induk, untuk menunggu sampai saat pemijahan berikutnya. Jika perawatannya baik, maka 3 ~ 4 minggu kemudian induk sudah dapat dipijahkan kembali.
3. PEMELIHARAAN BENIH
1) Setelah 2 ~ 3 hari telur akan menetas, sampai berumur 2 ~ 3 hari benih belum diberi makan, karena masih mempunyai persediaan makanan pada yolk sac-nya (kuning telur).
2) Pada hari ke 3 ~ 4 benih sudah dapat diberi makanan kutu air yang telah disaring.
3) Setelah berumur + 15 hari benih mulai dicoba diberi cacing rambut disamping masih diberi kutu air, sampai benih keseluruhannya mampu memakan cacing rambut baru pemberian kutu air dihentikan.
4) Untuk telur yang ditetaskan di aquarium maka sebainya setelah benih berumur + 1 minggu dipindahkan ke bak/kolam yang lebih luas.
5) Ketinggian air dalam bak 10 ~ 15 cm dengan pergantian air 5 ~ 7 hari sekali. Setiap pergantian air gunakan air yang telah diendapkan lebih dahulu.
6) Untuk menghindari sinar matahari yang terlalu terik diperlukan beberapa tanaman pelindung berupa eceng gondok.
4. PEMBESARAN
1) Pembesaran ikan dilakukan setelah benih berumur lebih dari 1 bulan sampai induk.
2) Jenis koki mutiara ini memerlukan banyak sinar matahari, untuk itu tanaman eceng gondok dapat dikurangi atau dihilangi.
3) Untuk tahap pertama pembesaran dapat ditebar + 1.000 ekor ikan dalam bak berukuran 1,5 x 2 m. Kemudian penjarangan dapat dilakukan setiap 2 minggu dengan dibagi 2.
4) Pergantian air dapat dilakukan 3 ~ 5 hari sekali, juga dengan air yang telah diendapkan.
5) Makanan yang diberikan berupa cacing rambut. Makanan diberikan pada pagi hari secara adlibitum (secukupnya). Jika pada sore hari makanan masih tersisa, segera diangkat/dibersihkan.
6) Setelah berumur 4 bulan ikan sudah merupakan calon induk. Untuk itu jantan dan betina segera dipisahkan sampai berumur 8 bulan yang telah siap dipijahkan. Untuk induk ikan sebaiknya makanan yang diberikan yaitu berupa jentik nyamuk (cuk).
7) Sepasang induk dapat menghasilkan telur 2.000 s/d 3.000 butir untuk sekali pemijahan.
5. PENUTUP
Ikan mas koki mutiara mempunyai nilai ekonimis tinggi. Untuk benih berumur 1 bulan harganya berkisar Rp. 30,- s/d Rp. 50,- sedangkan sepasang induk berkisar Rp. 5.000,- s/d 10.000,-

Dengan cara pemeliharaan yang tepat disertai ketekunan dapat diharapkan penghasilan yang lumayan.

6. SUMBER
Dinas Perikanan DKI Jakarta, Jakarta, 1996
7. KONTAK HUBUNGAN
Dinas Perikanan DKI Jakarta

About these ads

Posted on Juni 11, 2008, in Ternak and tagged , . Bookmark the permalink. 27 Komentar.

  1. Sebenarnya saya gak tahu seperti apa ikan mas koki mutiara ini, tapi yang saya tahu ikan mas koki jenis ini sangat terkenal di internet. Jadi saya pengen lihat seperti apa bentuknya

  2. ukuran akuarium pemijahanya berapa n kalo pake bak berapa?
    bukanya kekecilan tu ukuran kolam untuk pembesaranya? karena beda dengan yang di tempatku

  3. saya punya mas koki bermacam-macam. ada oranda, rancu, mata balon dll. salah satu mas koki saya ada yang ekor tiga. umumnya mas koki ekornya cuma dua. apa kah mas koki saya termasuk sudah umum arti nya memang banyak di jual. soalnya ikan itu saya beli kebetulan baru diketahui ekornya begitu setelah beberapa hari di rumah

  4. bingung dan tak mengerti seperti apa sie ikan mas koki mutiara ini????????
    jadi malu sendiri padahal saya mahasiswa dari jurusan budidaya perikanan.
    Saran cie, tampilin gambarNa dunk untuk mempermudah sang pencari info seperti saya ini

  5. Apa ada pakan yg laen utk bayi mas koki selaen kutu air??

  6. saya beli maskoki mutiara yg msh kecil bahkan ada yg b’lum b’rubah warna, itu umur brp? dan udh bisa tau blum itu jantan atau betina?

  7. saya mau tanya di mana saya bisa mendapatkan benih dan indukan mas koki mutiara di sekitar jakarta timur…? trims…

  8. cara membedakan Jantan dan Betinanya ada yg lbh psesifik ga ?

    • Yang jantan tuh pada sirip depannya ada geriginya (gerigi lembut), kalo yang betinanya halus. Trus perutnya kalo jantan bila ditekan tetap keras meskipun gendhut, kalo yang betina terasa empuk (tapi nekannya jangan terlalu keras… bisa-bisa malah mati). semoga bermanfaat…tks

  9. selain koki mutiara
    ada jenis lain ga yg bagus2?
    klo ada beli di mana?

  10. saya jg lagi nyoba memijahkan koki jenis oranda dan tossa, tapi koq dua-duanya gak ada yang jadi ya… (gak nelur), padahal udah niru temen2 and baca literatur ttg hal itu… gimana ya..
    kasih solusi dunk,,, biar bisa jadi pemijahannya.. tks berat

  11. Dimana gw bs beli ikan mas kokiny dlm 1paket alias sepasang(jantan&betina)?Soalny,sudah beberapa kali saya membeli ikannya,eh malah yg dikasih jantan semua.

  12. trima kasih infonya.
    kasih foto atau gambar dong, biar lebih jelas mengerti tentang ikan mas koki mutiara. sekalian agar tidak bosan bacanya.

  13. Mas,gimana sih cara yang mudah alias gampang untuk membedakan antara yang jantan dan betinanya….

  14. minta alamat peternak ikan mas koki donk

  15. bgaimna cr pemijahannya ya,apa ikan jg melakukan perkawinan….

  16. Mas, gimana ya caranya supaya koki mutiara sehat terus dan nggak mati2

  17. gimana cara penanganan penyakit putih pada insang ikan dan obat yang cocok utk masing2 ikan…….

  18. numpang link ya soalnya aku mau budidaya ikan dan masih pilih yang mana yang paling cocok dengan sikon

  19. gan …..

    ane pgen nanya neh ..
    cara pemijahan ikan koki ini gmn ?
    n cara yg bli bibit yang sehat itu gmn yah gan ??
    tlg rep yah agan” TQ bgt >>:D

  20. untuki sepasang ikannya biasanya harganya brapa ya ?

  21. kalo panenya berapa bulan dan kalo pake terpal kolamnya bisa?

  22. mw beli koki mutiara idkan jantan sma betina dmn ya?khususnya di daerah smd dan sktrnya>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

  23. Sy penasaran hsl silang koki mutiara dgn tosa,bgs gk Чα”̮…? Klu ada,tlng krm table/gambar persilangannya donk.tks.

  24. apa pakan indukan yang bagus…..

  1. Ping-balik: Budidaya Ikan Mas Koki Mutiara « Mahyudanil’s Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: