Budidaya Ikan Louhan




I. Pendahuluan

Generasi baru ikan hias telah lahir di awal milenium baru. Ikan hias yang dikenal dengan nama Lou Han ini telah mampu membuka mata para penggemar ikan hias dengan keindahan sosok dan gerak geriknya. Sifatnya pemberang, tetapi mudah akrab dengan orang yang menyanginya, membuat penggemar ikan hias ingin untuk memeliharanya. Bahkan sebagian besar pembudidaya ikan hias tergelitik untuk memijahkan ikan yang pamornya sebagai ikan hoki didengungkan mengalahkan ikan arwana.
Hal ini setidaknya ditampakkan oleh corak hitam pada tubuhnya yang sering menggambarkan kiasan atau makna yang membuat pemiliknya mendapatkan sugesti positif. Misalnya ada seekor ikan yang memiliki guratan (marking) huruf yang berbunyi “rupiah” guratan ini memberi dorongan dan intuisi kepada pemiliknya bahwa suatu saat dia akan mendapat berkah besar.
Disamping itu dengan berkembanya ikan louhan ini ada pengaruh yang positif bagi produsen pakan ikan Lou Han dan pengrajin aquarium. Yang jelas dengan kehadiran ikan Lou Han ini gairah para pelaku ikan hias lebih semarak lagi.

II. Sejarah dan Jenis Louhan
Nenek moyang ikan Louhan sebenarnya berasal dari keluarga Cichlidae yang hidup di perairan Amerika Selatan dan Amerikan Tengah. Ada lima kriteria Lou Han yang digemari :
  1. Lou Han bertubuh segi empat, dan jenis ini jumlahnya paling banyak di pasaran.
  2. Lou Han bertubuh bulat, dan jenis ini sangat digemari karena dianggap sebagai Lou Han yang unik.
  3. Lou Han yang banyak memiliki bintik mutiaranya. Jenis ini dikeluarkan oleh Meng Aquarium dan cukup populer.
  4. Kuning/golden/super red, saat ini merupakan jenis Lou Han yang berperingkat harga tinggi. Jenis ini tidak memilik corak hitam yang berjajar horizontal di sekujur tubuh.
  5. Lou Han dengan kepala nongnong. Jenis ini memiliki nuansa tersendiri dan nongnong ini dipercaya memiliki tuah.

III. Air Untuk Pemijahan dan Perawatan Lou Han
Dalam membudidayakan atau memijahkan Lou Han, kwalitas air memegang peran yang penting untuk menjaga kelangsungan hidup telur, burayak dan Lou Han muda. Namun untuk mempersiapkan air yang berkwalitas sebenarnya tidak terlalu sulit, karena termasuk yang memiliki teloransi cukup tinggi dan mampu beradaptasi dengan suhu, keasaman serta kesadahan air. Sumber air bisa berasal dari :
  • Air sumur
    Bila membudidayakan ikan Lou Han dengan air sumur, maka harus diendapkan selama 48 jam terlebih dahulu sebelum digunakan.
  • Air PAM
    Air PAM baru bisa digunakan setelah kandungan khlorin dan PH-nya dinetralkan dan untuk itu bisa menggunakan Trisulfat 5 PPM, namun pada tahap peneluran agar dihindari.
IV. Peralatan dan Perawatan Kolam atau Aquarium.
  1. Peralatan
    Peralatan yang harus disediakan sebelum ikan dideder, dipelihara atau dibesarkan antara lain :

a. Bak penampungan air
b. Filter ada beberapa jenis :

    - Filter biologi
    - Filter kimiawi
    - Filter mekanis

    1. Aerator
    2. Alat penampung air.
    3. Ornamen dan bebatuan.
    4. Lampu fluorescence / UV
  1. Pembersih kolam dan akuarium.
    Untuk membersihkan akuarium bisa dengan menggunakan sipon (spons) biasa atau bergagang, dan digosok keseluruh bagian dalam, untuk kotoran yang menempel dengan kuat bisa memakai silet atau bahan kimia asalkan dan dicuci dan dibilas dengan baik dan bersih. Namun akuarium atau kolam dalam keadaan kosong atau tidak ada air dan ikan.
  2. Pengurasan air.
    Pengurasan dan penggantian air di akuarium yang terawat baik cukup dilakukan sebulan sekali. Ikan-ikan di dalam akuarium harus dipindahkan terlebih dahulu ke tempat lain jangan lupa menggunakan air yang telah memenuhi syarat kwalitas.
    Jika kolam atau akuarium menggunakan filter bio seperti jenis bi bacl. Pengurasan dilakukan 2 – 3 bulan sekali.
V. Pakan Lou Han
    1. Pakan Alami.
      Pakan alami banyak jenisnya seperti : artemia, kutu air, cacing tanah, cacing rambut, cacing darah (blood worm), ikan kecil dan udang renik.
    2. Pakan Buatan.
      Untuk pakan buatan yang harus yang harus diperhatikan unsur-unsur gizi yang terkandung antara lain :
      a. Protein.
      b. Lemak.
      c. Karbohidrat.
      d. Vitamin + mineral
      Bentuk pakan harus disesuaikan dengan bentuk dan ukuran mulut ikan antara lain :
      - Bentuk emulsi.
      - Suspensi
      - Tepung
      - Lempengan
      - Pelet
VI. Tahapan Budidaya Lou Han
  1. Pemilihan Calon induk bisa diperoleh dengan membeli ataupun memelihara sejak kecil.
  2. Tersedianya wadah akuarium, kolam dan pakan
  3. Memilih induk yang sehat dan berkwalitas, baik yang jantan maupun betinanya.
  4. Proses pemijahan sebaiknya bagian sisi akuarium ditutupi kertas koran. Bila sudah bertelur untuk lebih sehat telurnya diberi anti jamur dengan dosis 10 ml/ 100 lt air.
Demikian sekelumit tentang kiat mengatasi permasalahan budidaya Lou Han. Semoga bermanfaat bagi anda penggemar ikan hias Lou Han.
Suku Dinas Peternakan dan Perikanan
Kotamadya Jakarta Pusat
Jl. Tanah Abang I/1 Telp. 3519086
About these ads

Posted on Juni 11, 2008, in Ternak and tagged , . Bookmark the permalink. 24 Komentar.

  1. gimana menghilangkan stress pda ikan lou han?
    umur berapa lou han bisa di kawinkan?

  2. mohon datanya diperjelas atau kasih penjelasan yang lengkap………………OK

  3. tips tips lebih detailnya buat pembenihan ikan louhannya dong
    !!!!!!!!!!terimakasih

  4. dimana bisa dapat bibit louhan merah tanpa marking dibanjarmasin? bisa makan jangkrik juga’ya?

  5. Louhan merah tanpa marking dibanjarmasin coba aja liat di toko binatang piaraan dijalan veteran dekat jembatan merdeka atau samping kuil cina, louhan suka juga jangkrik asal sesuai bukaan mulut-a, tp biasa-a jangkrik u makann burung spy nyaring kicau-a

  6. apa yg menyebabkan louhan menjadi nongnong?apa ada obatnya biar louhan bisa menjadi nongnong?untuk pemijahan jika induk betina sudah mengeluarkan telur ,induk yg mana yg harus di pisahkan?

  7. Jika louhan terserang jamur ada solusinya gak?

  8. apa di banjar masin masih ada yang jual louhan klualitas nya bagus? saya tertarik untuk piara louhan lagi,kira2 di jalan veteran masih banyak yg jual louhan kualitas nya bagus?

  9. Jika ada gambar jenis louhan mau dong, berapa umur pejantan & betina yg baik untuk indukan? Trimakasih.

  10. blog kamu isinya bgs ?

  11. Halloo…
    Terimakasih Mas atas infonya sangat bermanfaat sekali, dan salam buat semua teman-teman Blogger, Jangan lupa, kalau ada waktu jalan-jalan sebentar ke blog Bujang Riau http://www.darma-saputra.co.cc. terimakasih …

  12. saya punya 2 ikan louhan..
    agar si ikan tidak berantem. saya beri sekatan..
    sekatan itu bgusna.
    yang bening atau yang berwarna gelap…???

    • gelap, secara mental dia akan merasa nyaman dan aman. double lebih bagus sekali kali bisa bisa untuk melatih agresifitas ikan. Good luck!

  13. folter paling bagus untuk louhan apa ya????
    trusss klu louhannya da miring tuh kenapa???
    dan aquariumnya pun kecil

  14. dimanakah saya bisa mendapatkan benih2/ indukan ikan louhan di wilayah klaten?
    mohon bantuannya trimakasih..

  15. tanks infonya………………..!

  16. Minta Infonya Gan Admin :)

    gimana perkembangan louhan sekarang ini, terus kalo mau cari anakan louhan/kimhwa yang bagus dimana yah? thx

  17. cara membedakan betina dan jantan untuk ikan louhan bagaimana ……

  18. saya butuh lohan buat jual beli alamt anda dimana? mks

  19. gan mau tanya lo di palembang jual ikan louhan yang baik dimana ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: