Budidaya Ikan Cupang


Pendahuluan

Keindahan tubuh dan ciri-ciri yang spesifik yang dimiliki oleh setiap ikan hias serta nilai ekonomis, adalah faktor utama yang harus diperhatikan dalam budidaya ikan hias. Salah satu jenis ikan yang memiliki syarat-syarat tersebut adalah ikan cupang hias.

Untuk membudiayakan atau mengembangkan ikan cupang hias tidaklah memerlukan lahan yang luas, cukup menyediakan areal sekitar 5 meter persegi. Di Wilayah Jakarta Pusat budidaya ikan cupang ada yang dilakukan diatas dak rumah dan dipekarangan yang relatif sempit, dengan menggunakan wadah bekas ataupun kolam bak semen atau akuarium. Ikan ini relatif mudah dipelihara dan dibudidayakan, karena tidak memerlukan pakan khusus. Pakan ikan untuk benih biasanya digunakan pakan alami berupa kutu air atau daphnia sp. yang dapat ditemukan di selokan yang airnya tergenang. Untuk induk cupang digunakan pakan dari jentik-jentik nyamuk (cuk). Untuk pertumbuhan anak ikan bisa diberi kutu air dan diselingi dengan cacing rambut, akan lebih mempercepat pertumbuhan anak ikan.

Wadah Budidaya

Pada umumnya wadah pemeliharaannya adalah bak semen atau akuarium yang ukurannya tidak perlu besar yaitu cukup 1 x 2 m atau akuarium 100 x 40 x 50 cm, sedang wadah perkawinannya lebih kecil dari wadah pembesaran, yang bisa digunakan antara lain : baskom, akuarium kecil atau ember dapat dipakai untuk memijahkan ikan.

Ciri-ciri khusus

Ciri-ciri khas yang dimiliki oleh ikan cupang hias jantan adalah selain warnanya yang indah, siripnya pun panjang dan menyerupai sisir serit, sehingga sering disebut cupang serit. Sedangkan ikan betina warnanya tidak menarik (kusam) dan bentuk siripnya lebih pendek dari ikan jantan.
Ciri ikan jantan untuk dipijahkan :

Umur ± 4 bulan
Bentuk badan dan siripnya panjang dan berwarna indah.
Gerakannya agresif dan lincah.
Kondisi badan sehat (tidak terjangkit penyakit).

Ciri-ciri ikan betina :

Umur telah mencapai +- 4 bulan
Bentuk badan membulat menandakan siap kawin.
Gerakannya lambat.
Sirip pendek dan warnanya tidak menarik.
kondisi badan sehat.

Pemijahan dan perawatan ikan

Setelah induk cupang hias dipersiapkan begitu pula dengan wadahnya maka langkah selanjutnya adalah melakukan pemijahan :

  1. Persiapkan wadah baskom/akuarium kecil dan bersih.
  2. Isi wadah dengan air bersih dengan ketinggian 15 – 30 Cm.
  3. Masukkan induk ikan cupang jantan lebih dahulu selama 1 hari.
  4. Tutup wadah dengan penutup wadah apa saja.
  5. Sehari kemudian (sore hari) induk betina telah matang telur dimasukan ke dalam wadah pemijahan.
  6. Biasanya pada pagi harinya ikan sudah bertelur dan menempel disarang berupa busa yang dipersiapkan oleh induk jantan.
  7. Induk betina segera dipindahkan dan jantannya dibiarkan untuk merawat telur sampai menetas.
Pembesaran anak
  1. Ketika burayak ikan cupang sudah dapat brenang dan sudah habis kuning telurnya, sudah harus disiapkan media yang lebih besar untuk tempat pembesaran.
  2. Pindahkan anakan bersama induk jantannya.
  3. Kemudian benih ikan diberi makanan kutu air dan wadah ditutup.
  4. Sepuluh hari kemudian anak ikan dipindahkan ke tempat lain.
  5. Dan selanjutnya setiap satu minggu, ikan dipindahkan ke tempat lain untuk lebih cepat tumbuh.
Pasca Panen
Pasca panen yaitu setelah ikan cupang hias mencapai 1 bulan sudah dapat dilakukan pemanenan sekaligus dapat diseleksi atau dipilih. Ikan yang berkwalitas baik dan cupang hasil seleksi dipisahkan dengan ditempatkan ke dalam botol-botol tersendiri agar dapat berkembang dengan baik serta menghindari perkelahian. Setelah usia 1,5 sampai 2 bulan cupang hias mulai terlihat keindahannya dan dapat dipasarkan.
About these ads

Posted on Juni 11, 2008, in Ternak and tagged , . Bookmark the permalink. 94 Komentar.

  1. Kurang lengkap bos, seharusnya disertai gambar wadah,pakan,telur,burayak dan ikan cupangnya..

    Tapi bagus juga k’, lumayan buat nambah pengalaman..

    OK..
    Thank’s..

  2. KEVIN KAISARIO JANOZKY

    SAYA INGIN TAU LEBIH JELAS MENGENAI CIRI – CIRI IKAN CUPANG YYY

  3. Bagus siiy,tpi krrg lengkap,mestinya jelasin lebih rinci lagi,tpi fine lah,bwdh tambah – tambah ilmu perikanan,

    hhe . . ,

  4. Halo, saya penggemar baru ikan cupang.
    Ada hal yg ingin saya tanyakan, tolong bantuannya ya…
    Setelah telur menetas, berapa lama anakan hidup bersama induk jantannya? Saya lihat saat ini sih fine2 aja, umurnya baru 2 hari, masih bergerombol di gelembung2 yg dibuat induk jantannya. Pada saat anakan ada yg meluncur ke bawah, induk jantan langsung memasukkannya ke mulutnya dan di semburkan kembali ke gelembung2 tsb. Tapi sampai berapa lama hal itu dilakukan, takutnya malah dimakan…
    Minta infonya ya
    Tx, Irma

  5. Saya mempunyai ikan cupang jenis serit tapi masih bingung untuk pemasarannya,karean selama ini kami hanya memenuhi permintaan pasar lokal disekitar kami saja,untuk partai besar pun kami sanggup melayani permintaan pasar,tolong bagi yang ingin penjelasan lebih detail untuk menghubungi kami di no.tlp (0355)7774468, atau HP: 0818592877, tanks,,,agung

  6. aku butuh ikan cupang berbagai jenis, tolong kontak aku, lewat e mail atau blog- ku.

  7. Wah..kurang jels,hrsy ada brapa lm telr menets,trus brng sm induk jantan brapa hr..trus lo dah kung tlr burayak hbs dksh mkn apa..slaen kutu air apa?n brapa hr..
    Sblme tanks dah ksh th..

  8. makanannya cupang apa aja ? trus tmp belinya ada di mana ? klo jantan sering disebut serit, yg betina sringnya disebut halfmoon atau apa?
    tolong dijelaskan…… trims …….

  9. Saya sudah coba nich tapi hasilnya sianak ikan mati, itu akibat apa yach? trus selain kutu air ada alternatif lain nggak buat anak ikan baru lahir? tolong dong

  10. saya sudah sering beternak ikan cupang (tapi pake ikan murah) buat nyoba nyoba
    pas telur netas bingung mau dikasih pakan apaan
    kayanya pake infusoria,kutu air,moina,dapnia dll (apaan tuh)nyarinya dimana tu mahluk?
    akhirnya ikan ikan tersebut mati semua

    tapi saya msih penasaran dan mencoba lagi
    akhirnya saya siapkan kolam kecil ukuran 1×1 meter dengan kedalaman air 50 cm
    tu kolam saya biarrkan selama seminggu sampil ditutup pake kawat kasa biar gak jadi sarang nyamuk
    oh iya air yang dikae saya pake air sungai dan air sawah(karena saya berpendapat di situ banyak plankton yang bisa jadi pakan ikan muda)

    seminggu kemudian setelah air di kolam menjadi kehijauan,saya pijahkan lagi sepasang cupang murahan.setelah bertelur dan menetas,2hari kemudian saya pindahkan telur2 itu ke kolam tadi

    1 bulan kemudian saya tengol lagi eeeh cupang saya hidup
    hehe
    berhasilll !!!!

    http://profiles.friendster.com/aditsan

  11. mochammad affan arsiandi

    minta info tentang perawatan anakan cupang donk
    MINTA

    • kasih kutu air klo masih umuran 5 harian gt…trus klo udah 2 minnggu kasih cacing merah yg lembut2….!!!!biar cpet gde cz proteinnya bnyk….

      aku dah nyoba…!!!!n berhasil!!!

      intinya klo udah umur 1 bln 2 bln pisah2 anakx jagn d gabung biar sempurna pertumbuhanx air jg harus bersih usahakan air PDAM to galon biar gk jamuran….!!!

  12. mochammad affan arsiandi

    minta info perawatan indukan cupang donk
    ma minta info cari induk cupang yang cakep2
    kalo ada bisa hub aku di 085624806069
    affan, purbalingga, jawa tengah, INDONESIA RAYA
    THANKS

    • buat makan anak cupang yaitu kol direndem air sampai bau busuk ambil air rendaman kol berikan ke pada anak cupang fungsinya sama seperti kutu air, sebagai pakan semoga berguna

  13. oelil ( zamriul mustafian)

    bagaimana cara yang terbaik untuk mengembang biakkan ikan cupang didaerah dingin seperti di, pegunungan dan daerah yang berhawa sejuk karena ikan yang saya ternak selalu mati saat telur menetas. tolong kasih saran yang terbaik untuk saya. terima kasih

  14. wah…menarik juga tu… gmn ya caranya… didalam ruangan kali bisa… di tambahin lampu2 biar untuk jaga temperature…

  15. saya ingin tau gi mana cara merawat anak ikan cupang yang baru lahir
    aku pas waktu itu pernah nyoba ngawinin ikan cupang hasilnya banyak tapi pas waktu berapa hari ikan nya pada mati. aku mau tau cara ngawinin dan merawat anak ikan cupang

  16. Tolong di jawab yah Master.. Saya bingung nih bagaimana caranya menetaskan telur dari busa gelembung itu yah…soalnya saya pernah baca setelah 2 hari telur akan ,menetas tapi kok ga netas2 yh sampai 4 hari..dan airnya mulai butek dan bau,ywdah saya buang aja airnya takut indknya mati..truz wanita nya harus dipisahin atau ga yh setelah bertelur??

    • sepengalaman saya, setelah ikan bertelur… biarin aja sepasang ikan tsb, sampai telur menetas.. setelah telur menetas, kmu baru angkat induk betina ke tempat lain,, ntar bayi ikan di beri makan sama induk jantan nya. begitu boss

    • pindain cewe annya tungguin sampe netas taru ikan jantan di temapat wdah nya kalau sudah netas pindain jantannya

      • setelah bertelur,segera pisahkan betinanya karena bisa memakan telur2nya dan beresiko di serang oleh jantannya.ikan jantan menjadi agresif saat merawat telur2nya.

  17. mau tanya pakan untuk burayak ikan cupang setelah habis kuning telur???thanks..

  18. Saya mau tanya, gimana cara untuk membesarkan anak ikan cupang ya???? Thanks…….

  19. aq sTjU m Imam SuhAdi…
    bGsnYa mmG kYak Gtu BiaR yAng MAsiH aWaM (KayAk Aq) BIsA MnGrTi dNg jLAs Dn SjLAs-jLasNya….
    he6536x

  20. apa warna anak ikan yang baru menetas dari telurnya

  21. Ahmad cupang mania

    Bisa gak sih ngawinin cupang betina yg beda jauh bsarx tp dh siap kawin ama jantan yg gede(tua)?ky mn sih glembung yg di buat cupang jantan yg ad isix

  22. bos pakan yang bagus buat anak ikan yang berumur 5 hari – 1 bln pa?tlg dblas,soalnya q baru ja matiin ratusan anak cupang,habis bingung makanannya + cara merawatnya

  23. apa faktor penyebab kematian buraya diusia 1 minggu??????????????????????????????????

  24. Gw udh 2 kali ngawinin ikan cupang,baru 1 hr netas,eh…Udh dimakan induk jantannya,jd gmn nih solusiny?Mohon bantuanny dr para master sekalian.

  25. ngankat indukan jantan nya itu pas brp hari ya ??

  26. klo ngankat indukan jantannya pas kapan yah ??
    pas anaknya udh bisa berenang sndiri atauu beberapa minggu kemudian ?

  27. mw nanya donk ??
    induk jantan nya di angkat nya pas kapan ya ???

  28. Gimana memindah kan
    anak ikan trsbt kan masih alus2

  29. abdul qori jaelani

    mau tanya nih selain kutu air pakan untuk anak cupang baru menetas apa yach….?thnks

  30. klo indukan jantan pas di angkat nya kapan…..? saat indukan jantan membuat gelembung, apakah indukan betina di jadikan satu dgn indukan jantan……?

  31. Gimana cih mbedain cupang betina ma cupang jntan…Setau Q low cupang betina kan warnanya kusam (jelek) n dasi (sirip di bawah perut) nya pendek…..Benr gk sih..Mohon di jelasin secara rinci..

  32. saya mau bertanya berapakah harga pasaran bagi ikan cupang yang sudah jadi kira-kira umur 2 bulan, terima kasih atas jawabannya ditunggu segera ya?

  33. Ane punya sdkt tips buat pakan anak cupang. Kl msh umur 4-14 hari, bisa d ksh pelet ikan merk tetra bits yg kita haluskan sampe bnr2 haluuus, plus d ksh susu bubuk dancow sejimpit aja. (utk ukuran wadah pemijahan 30cm x 20cm x 20cm ). Dan utk usia 15 hari ke atas, ksh pakan daging ikan+3 ekor udang yg kita cincang sampe haluuus banget. Ksh nya jg sdikit2 aja, n 2 hr skali air d ganti dgn cr d sedot pake selang kecil yg biasanya buat jalur gelembung udara aquarium. Ingat, waktu menyedot jgn lp kotoran2 d dasar wadah jg hrs d sedot. Ati2, jgn sampai anakan cupang ikut tersedot. Met mencoba…..

  34. Utk ketinggian air anak2 cupang cukup 10 cm aj, spy anakan lbh mudah mengambil udara. Ikan n udangnya yg mentah ya.

  35. krng lenkap cba dksih gambr telo ikan’a

  36. ikan cupang’a d pishin pas brapa hari?????

  37. sidik sukoharjo

    pada saat ngangkat induk betina pd tmpat pemijahan yg sempit srg kali malah merusak kumpulan gelembung telur, repot jg sih..

  38. sidik sukoharjo

    pada saat ngangkat induk betina pd tmpat pemijahan yg sempit srg kali malah merusak kumpulan gelembung telur, repot jg sih.. köntak me yux sidik 085640049219 on solo

  39. Selain kutu air makanan apa buat anak cupang yg baru lahir soalny ga da yg jual kutu air d sini thenks’y…
    Plese bls dong butuh ne

  40. bagai mana ciri2 ikan cupang yg
    lagi mengandung benih
    ikan??

  41. gmn cara bersihin akuarim tempat anakan cupang yg masih berumur 1 minggu gan…

  42. benih telur nya bagai mana ya?????

  43. kok ikan indukan jantan saya memakan anak-anak cupang saya?
    tpi banyak orang ngomong dia mau memberi makan gimana yac ?

  44. wah ikanx mintak po’ooooo!

  45. tolong bantu nya kk,,sy mau belaja budi day ikan cupang nie ,,unik nie..hahahaha..

  46. SAYA BUTUH INFORMASI BIBIT(MAU BELI).SAYA TINGGAL DIBANDUNG KALAU MAU BELI KEMANA(YG DEKET DEKET)
    KALAU ADA INFORMASI TOLONG KIRIM EMAIL

  47. klo q sich lmyn pham….

    hohohoho….

    kan dlu aq gemar melihara ikan ini……

  48. Wah makasih nih ifonya bro, ane maniac cupang juga nih..

  49. berapa lama induk betina dapat di pijahkan kembali setelah dipijahkan???

  50. sy jual ikan cupang berkualitas…hrg dr 75rb-250rb..silahkan hubungi 085780915999

  51. hi…..
    gmn ya klw betina udh bertelur apakh induk jntn n btina d gbung?
    n pakan anak ikan cupang yg baru lahir apa selain kutu air?

  52. Salam knal..
    Sya baru membudidayakan ikan cupang hias..
    Jika telor cupang sudah ada betina sudah sya angkat & jantan tidak sya angkat..
    Jika telor sudah menetas apakah ikan jantan harus di angkat..??
    Jika tidak brp lama ikan jantan tersebut bisa di angkat..??
    Buat para master Tlong beri solusi nya..
    Thx..

  53. waduh saya kmrn terlanjur beli betina yg warnanya bagus n lincah. saya kira lbh bagus lbh baik, ternyata salah ya? hik :(

  54. Kenapa setiap ikan menetas baru 3 hari anak ikan nya di makanin induk nya..??
    Tlong bantuannya….

  55. bagai mana ya cara mencegah bila sudah terkena penyakit sirip ya bergulung ,,,,,,,,,,,,,,mohon sarannya ????????????????

  56. mz, sya mau tnya…….. kira2 telur nya mnetas stlah brpa hari yaa? bls

  57. kok anakan cupang saya umur 2 minggu pada mati semua sebelumx 8 hr setelah lahir dah pisah indukx,,,,tlg dijawab bro

  58. saya mau tau kta ya klo anak ikan cupang umur 1-3hari gk prlu d ksih makan tp koq anak ikan cupang ya bnyak yg mati ????
    sbnr ya yg bnr bagaimana n d ksih makan pa??
    lalu pa yg menyebabkan anak ikan cupang yg bru lahir dlm 2 hari satu persatu mati??awalnya saya qra wajar” saja klo sdkit yg mati yg berjatuhan d dasar aquarium n sisa ya d gelembung tp lma” jd smua ya d dasar aquarium n mati,,tlong beritahu saya bagaimana anak” tu tdk mati lg..thx

  59. Anakan ikan cupang stlh habis kuning telurnya, dpt juga diberi rebusan kuning telur ayam. Dilumatkan sampai halus. Dan diberikan sedikit saja. Stlh 5 atau 6 hari baru diganti pakannya dgn kutu air.

  60. ambil motor pergi tangkap sendiri di rawa – rawa

  61. abu abdurrahman ath thayyar

    ada ga caranya agar tidak mau berkelahi, mas ?

  62. w mw nanya nh…
    kira2 brp hari telur cupang menetas ya??????????

  63. kurang lengkap bro harus nya di kasih gambar nya ? ?
    tpi bgs jga ko tmbah2 pengetahuan ! !

    ok
    thank’s

  64. thanks….bro.
    Jadi pengen coba2 ni…

  65. saya kan beli ikan murah nich tapi baru kecil seperti kelingking saya nich bisa gak ya dikawinin

  66. brow ikan cupang gua bertelur tapi ngak menetas apa ada yang salah,,kebanyakan telurnya pada di bawah tidak mengambang.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: