Pembuatan Pakan Ikan Alternatif dari Bahan Cacing Tanah (Lubricus Rubellus)


LATAR BELAKANG

Cacing tanah merupakan hewan yang berpotensi menjadi bahan makanan.sumber protein tinggi. Budidaya cacing tanah relatif mudah, efisien dan murah, dimana untuk membudidayakan cacing ini hanya dibutuhkan suatu media berupa kompos (dalam kehidupan sehari-hari digunakan untuk menguraikan sampah organik).

Sisa dan media ini selanjutnya dapat dimanfaatkan untuk pupuk tanaman, karena penguraian sampah organik oleh cacing tanah banyak menghasilkan unsur hara yang sangat dibutuhkan bagi pertumbuhan tanaman. Bekaitan dengan potensi cacing tanah sebagai bahan makanan sumber protein tinggi, pemanfaatannya sangat beragam seperti:

  • a. Untuk bahan campuran kosmetika.
  • b. Sebagai makanan suplemen kesehatan.
  • c. Bahan obat-obatan terutamayang menyangkut dengan anti biotik.
  • d. Sebagai pakan ternak.

Komposisi nutrisi Lumbricus rubelius adalah sebagai berikut:

  • Protein Kasar : 60 – 72%
  • Lemak : 7 – 10%
  • Abu : 8 – 10%
  • Energi :900 – 4100 kalori/gram.

Dengan memperhatikan komposisi nutrisinya, maka di dunia perikanan,cacing tanah ini berpotensi untuk dijadikan sebagai bahan ransum makanan ikan.

Seperti diketahui bahwa untuk pertumbuhan ikan, sangat ditentukan oleh kandungan protein dalam makanannya. Mengingat kandungan protein cacing yang cukup tinggi (lebih tinggi dari ikan dan daging) serta komposisi asam amino esensial yang lengkap sehingga, dapat diperkirakan bila cacing tanah ini dapat dimakan oleh ikan akan diapat memacu pertumbuhan dan menghasilkan ikan yang sehat serta tahan terhadap serangan penyakit.

ALAT, BAHAN, DAN METODE

Peralatan yang digunakan adalah:

  • Alat Penggiling Tepung
  • Alat Penggiling Daging
  • Baskom

Untuk membuat tepung cacing, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Bahan:

  • a. Tepung Cacing : 41%
  • b. Telur ayam : 20%
  • c. Terigu : 14%
  • d. Dedak : 18 %
  • e. Kanji :1%
  • 1. Cacing segar dipisahkan dari medianya.
  • 2. Cacing segar ini di cuci/bilas dengan air berslh, lalu ditimbang.
  • 3. Cacing segar dijemur oleh panas matahari di atas seng dalam 24 jam (suhu udara 32 – 35 derajat celcius).
  • 4. Cacing yang sudah kering kemdian dibuat menjadi tepung dengan menggunakan penggiling tepung.
  • 5. Tepung cacing ditimbang dan siap untuk digunakan.

Untuk menjadikan pelet, bahan-bahan yang dipersiapkan adalah kuning telur ayam yang telah direbus, tepung kanji, terigu, dedak, tepung cacing, masing-masing ditimbang sesuai dengan analisis bahan. Langkah-langkah pembuatannya sebagai berikut :

  • Semua bahan dicampur dan diaduk menjadi satu.
  • Tambahkan air hangat secukupnya hingga adonan menjadi cukup kenyal. Penggunaan air harap diperhatikan seminim mungkin penggunaannya.
  • Setelah adonan terbentuk selanjutnya dicetak dengan mesin penggiling daging sehingga menghasilkan pelet basah yang panjangnya seperti mie.
  • Pelet basah tersebut dipotong per 0,5 cm membentuk butiran-butiran.
  • Setelah itu pelet dijemur di panas matahari seharian.
  • Kemudian pelet ditimbang dan siap digunakan

Untuk memperoleh pelet dengan kandungan protein 35%, maka susunan ransumnya adalah:


% Berat

Tepung Cacing

47

Telur Ayam

20

Terigu

14

Dedak

18

Kanji

1

(RAD)

Untuk lebih jelas dapat dilihat di : Pembuatan Pakan Ikan Alternatif

Sumber:

Dinas Perikanan Propinsi DKI Jakarta, Brosur Informasi Proyek Peningkatan Diversifikasi Usaha Perikanan

http://www.radmanblog.cn

About these ads

Posted on Juni 10, 2008, in Ternak and tagged . Bookmark the permalink. 46 Komentar.

  1. Bos, bisa ga klo bikin pakan ikannya ga pake kuning telur?? Mohon pencerahannya.

  2. Endang Wahyudin SE

    Benul eh betul tuch bos, yg namanya petani, mereka aja jarang makan pake telur, mosok mau mereka ngasih makan ikannya pake telur.. Maksudnya sich, apa ada bahan lain untuk pengganti telur yg lebih murah, klo bisa sich yg gratisan gitu lho.

  3. Sebenernya kuning telur tuh buat campuran jadi padat, jadi gampang nyetaknya. Mungkin bisa pake tapioka kali ya….. belum nyoba juga sih.

  4. eh,formula/proses supaya pakan ikan bs terapung apa si?tlng dibantu y…thanks

  5. Thanks atas infonya, mau bangun kolam lele tapi bingung cari pakan alternatifnya… once again… thanks

  6. saya buat pelet ikan sendiri tapi masih tenggelam, jadi ikan yang dikasih makan tidak terlihat di makan atau tidak. tolong dong kasih tahu formula pelet ikan agar bisa terapung … thanks

  7. Kalo pakan ikan alternatif ini dijadiin usaha..kira2 berhasil nggak?
    trus, modalnya berapa?thx..

  8. ada alternatif lain nggak supaya cacing gak jijik ….?

  9. pakan ikan tanpa cacing ???????? bisa gak ??????
    ganti Cacing ada gak ????

    • Cacing adl sbgai substitusi saja krn miliki +/- 60% protein, diikan jg dpt gunakan bk kedele, sawit, pollar, bkl kelapa,atau tp darah skalian prot >80% dll

  10. bos!!!
    selain cacing yg lebih gampang dicari bahan penggantinye apa ye????

  11. pak saya mau tanyan pakan arternatif selain menggunakan cacing sebagai bahan dasar

    • Yah, tp ikan, tp daging bekicot, tp darah, tp daun ubi, tp daging ayam, tp cacing dll// info 081342003244, 0511 7709246

  12. gimana caranya buat pelet ikan agar bisa ngapung,tolong saya diinfokan, karena selama ini belum pernah berhasil buat pelet ikan yang bisa ngapung, Trim’s banget sebelumnya

    • iya nich, untuk buat pakan ikan ngapung ditambahi apa ya???
      tolong donk kirim resepnya ke alamat emailq,
      please………….

    • Harus punya mesin strouler, harga mahal. Yg mudah, pakan digoreng+tp tapioka …

    • coba pakai baking powder dan tepung + penyusun bahan pelet lainnya, yang penting gluten tinggi amilosa rendah, hati-hati merakit mesinnya, jgn melewati proses panas terlalu banyak, takutnya yang jadi sampah.
      Kunjungi kolam pancing dan lesehan Bambu kuning Blitar, untuk saling berbagi info membuat pelet apung, jangan lupa mencicipi ikan bakar Bambu Kuning.

  13. ada g ya pengaruh matahari langsung terhadap pertumbuhan ikan yang di pelihara dalam kolam…..??????

  14. kalo misal pake cacing pa bahannya bisa sedia selalu (mudah didapat)?setau saya kalo cacing lur pembudidayanya belum banyak loh???

  15. kalo masalah pakan ngapung, mungkin jemurnya kurang kering/kurang lama…

  16. cocoknya untuk ikan jenis apa pak ? kalo di keramba jaring apung bisa ?

  17. referensinya dapat dari mana mas…?

  18. saya pernah ke daerah banjarnegara, di sana ada petani ikan yang membuat pellet sendiri, jadi tau dari interview ke pembuatnya…

  19. Boss sudah unya kalkulasi ongkos produksinya? tlg dikirim

  20. dimana ya mencari cacing yang harganya bisa lebih miring lagi? dan adakah yang tau dimana pasaran lele yang bagus? saya ada stok tapi masih mencari pembeli yang siip… mohon infonya… thx..

  21. markaz pandhoe wiratha

    Terima kasih atas segala info yang ada. Insya Allah kami sampaikan dan terapkan dalam kegiatan kepramukaan di Kwarcab Ngawi.

  22. ada juga yg lebih bgs….

    dar keong mas ….
    bukan keong racunya…
    cra buat nya sama seperti cacing…
    tapi tambah kan…

    susu kambing y…

    silah kan di coba …
    ke mungkin nan ikan makan pelet keong 70%

  23. bagi yg membutuhkan tepung darah,khususnya yg berada di daerah jogjakarta bisa hubungi saya.kering,basah,ready on stock.085729921269

  24. mau irit?? bhnnya ikan runcah yg ada dpelelangan ikan,, mau ambang?? pke adonan aci, tp kudu pas takarannya,, silahkan mencoba

  25. Salam kenal pak. Ini mau tanya untuk pakan lele alternatif. Bahan dasarnya dari jerami yang di fermentasi bisa apa gak ya?

  26. untuk bikin pelet terapung… kasi minyak ikan aja.. pasti terapung..

  27. Tepung Ikan
    Salam Kenal ..
    Saya Tanto. Saya bekerja di pabrik Pt. Tepung Emas. Kami Produsen tepung ikan yang berlokasi di jl. Raya bypass krian kav. 101 – Sidoarjo.
    Kami memproduksi tepung ikan dengan kadar protein 45% dan 50%. Bahan baku : pilet ikan surimi, ikan petek, ikan tuna.
    Adapun spek Tepung Ikan :
    – Protein: 45% – Harga Rp. 4,700/kg
    – Protein : 50% – Harga : Rp. 5.800/kg
    – Moisture ; Max. 12%
    – Kalsium : Min. 10%
    – Phosfor : Min 4%
    – Serat kasar : max. 5%

    Dengan harga dan kualitas tepung ikan yang baik dari kami, mudah-mudahan bisa membantu peternak Ikan dalam meningkatkan produksi dan meringankan biaya pakan
    Terima Kasih.
    Contack Person : TANTO
    Tilp: 031-70889819,08121740404,08175003911
    Email: hartanto_te@yahoo.co.id
    YM : hartanto_heru_p@yahoo.co.id
     Tepung Ikan kami murni tawar
     Untuk awal pemesanan dan untuk pembuktian akan kualitas tepung ikan kami, pemesanan order 1 ton
     Kami siap mengirim contoh tepung ikan ke alamat Bpk/Ibu.
     Selama penggunaan tepung ikan kami, kami akan selalu berkomunikasi dengan pelanggan kami
    Kalau ada yang baik dan terjangkau, buat apa beli yang mahal !!
    *** Selamat mencoba***
    Tepung Mie Mihun
    Kami juga memproduksi remah-remah mie putih (mie mihun) untuk campuran pakan Ikan . Bagus untuk pertumbuhan Ikan. Mie putih (mie mihun) sudah kami giling menjadi tepung.
    Harga Rp. 2.500/kg

    Terima kasih.

  28. Pak Yunus bsa tlg kirimkan Daftar harga + ongkos kirimnya buat ke kebon jeruk jakarta barat

  29. bisa mohon penjelasan lengkap (kalau bisa dengan video) mengenai pembuatan pakan ikan yg dapat mengapung tanpa bantuan mesin..bahan yg diperlukan apa saja..kemudian tekniknya bagaimana..kami bersedia membayar biaya konsultasi pak yusrin..tlg hubungi ke email ayyudyy@gmail.com
    trims

  30. selain merangsang prtumbuhan ikan,,cacing tanah sndri mmiliki manfaat ap lg pada ikan???
    dan apakah pakan ini untuk semua jenis ikan?

  31. mau nanya pak, apakah ransum diatas dapat diberikan pada semua jenis ikan termasuk lele?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: