Budidaya Buah Naga


Apa itu buah Naga?

Sebagian kalangan menyebutnya buah ini dengan nama Buah Dewa. Hingga saat ini di butuhkan akan buah Naga Indonesia cukup besar dan bukan hanya pasar lokal saja yang ingin mencicipi kedahsyatan buah yang stu ini. Peluang Ekspor juga tidak kalah besarnya, Namun kebutuhan yang besar tersebut belum mampu di penuhi oleh produksi dalam negri asalny (Taiwan) Apalagi kondisi dalam negri Indonesia cukup sulit memenuhi peluang Pasar ini, Karena hal-hal yang berhubungan dengan iklim investasi yang cenderung lesu. Tetapi melihat segi potensi Wialyah lahan pertanian yang luas dan subur,Sangat besar kemungkinannya untuk mengembangkan tanaman jenis ini.

Tingginya permintaan buah naga ini di sebabkan oleh promosi yang menyebutnya sebagai buah meja (Sangat Menarik dan Menggiurkan bila di sajikan di meja makan) Berkhasiat mujarab untuk berbagai penyakit dan bermanfaat sebagai bahan baku di bidang industri pengolahan Makanan, Minuman, Kosmetik serta produk kesehatan. Berpedoman kepada kondisi petani yang sebagian besar kurang mampu berinvestasi di bidang ini (Mahalnya bibit dan perlengkapan yang harus di sediakan). Merupakan salah satu motivasi bagi pemilik modal untuk bekerja sama dengan kelompok Tani dalam pembudidayaan Komoditas ini. Keadan lain yang mendukung adalh tersedianya lahan yang potensial dan tenaga ahli dalam pembudidayaan jenis Tanaman ini.

CIRI BUAH NAGA

Buah naga (Dragon Fruit atau Hylocereus Undatus) masih termasuk komoditi langka di indonesia. Buah yang beasal dari Taiwan ini memiliki bentuk yang sangat unik dan cukup memikat untuk di lihat. Bentuk fisiknya mirip dengan buah nanas hanya saja buah ini memiliki sulur /jumbai di sekujur kulitnya dan buah ini berwarna merah jambu (Pink) dengan daging buah berbagai jenis antara lain berwarna Putih, Kuning dan Merah dengan biji kecil berwarna hitam yang sangat lembut dan lunak. Rasa buah tergantung jenis warna daging buah itu, Bila warna merah cenderung manis dan legit dengan perpaduan rasa yang sangat khas. Warna putih rasanya manisdan segar sedangkan kuning perpaduan antara ke dua warna di atas. Bentuk tanaman hampir mirip dengan pohon kaktus berupa sulur-sulur yang memanjang seperti lidah naga yang menjulur. Berat rata-rata + 600 s.d 800 Gram.


KHASIAT BUAH NAGA

  • Penyeimbang kadar gula darah.
  • Membersihkan darah.
  • Menguatkan ginajal.
  • Menyehatkan lever.
  • Perawatan kecantikan.
  • Menguatkan daya kerja otak.
  • Meningkatkan ketajaman Mata.
  • Mengurangi keluhan panas dalam dan sariawan.
  • Mensatbilkan Tekanan Darah.
  • Mengurangi Keluhan Keputihan.
  • Mengurangi Kolesterol dan mencegah Kanker usus.
  • Mencegah Sembelit dan Memperlancar Feses.


SISTEM PENANAMAN

1. Persyaratan tanam: Tidak berpengaruh terhadap kualitas tanah, Jenis apa saja dapat di lakukan penanaman. Membutuhkan penyinaran penuh. Daerah tropis cocok untuk Tanaman ini.

2. Penanaman sebaiknya di gunakan parit untuk saluran drainase di areal kebun.Dan gunakan ajir/tiang penyangga tanaman kaktus berukuran 10cm x 10cm x 150cm.Tiang penyangga ini biasa terbuat dari kayu atau beton yang di tancapkan ke tanah sedalam 50cm dengan jarak tanam 2,5 x 3cm.

3. Jarak tanam bibit yang baik adalah 2,5 x 2 meter dan tiap tiang penyangga di tanami 4 bibit tanaman,Jadi untuk 1Ha membutuhkan 2000 tiang penyangga dan 8000 bibit tanaman buah naga.

4. Pemeliharaan tanaman meliputi,Perawatan sulur tanaman agar terhindar dari luka,pengecekan rutin kondisi keasamn tanah,dll.

5. Panen tanaman akan berbunga pada umur 1,5-2 tahun dan dapat di panen saat mencapai umur 30 hari setelah bunga mekar.Tanaman buah naga akan berbuah terus menerus hingga + 10 tahun.

Sumber :http://tcplanet.blogspot.com

TAMBAHAN INFORMASI

PENDAHULUAN

Buah Naga telah lama dikenal oleh rakyat Tionghoa kuno sebagai buah yang membawa berkah. karena biasanya buah naga diletakkan diantara patung naga di altar.

Oleh karena itu orang Vietnam menyebut buah naga atau dalam bahasa Vietnam disebut dengan nama Thang Loy di Thailand diberi nama Keaw Mang Kheon, dalam istiiah Inggris diberi nama DRAGON FRUIT clan di Indonesia dikenal dengan nama BUM NAGA Sebenarnya tanaman ini bukan tanaman asil daratan Asia, tetapi merupakan tanaman ask Meksiko clan Amerika Selatan bagian utara ( Colombia ). Pada awainya buah naga ini dibawa kekawasan Indocina ( Vietnam ) oleh seorang Perancis sekitar tahun 1870. dari Guyama Amerika Selatan sebagai hiasan sebab sosoknya yang unik dan bunganya yang cantik dan berwarna putih. Baru sekitar tahun 1980 setelah dibawa ke Okinawa Jepang tanaman ini mendunia karena sangat menguntungkan. Pada tahun 1977 buah ini dibawa ke Indonesia clan berhasil disemaikan kemudian dibudidayakan. Buah naga kaya akan vitamin dan mineral dengan kandungan serat cukup banyak sehingga cocok untuk diet.

Beberapa khasiat dari DRAGON FRUIT adalah :

1. Penyeimbang kadar gula
2. Pencegah Kolesterol tinggi
3. Pencegah kanker usus

1. Persyaratan Tumbuh Tanam

Ditanam di dataran rendah, pada ketinggian 20 – 500 m diatas permukaan iaut

Kondisi tanah yang gembur, porous, banyak mengandung bahan organik clan banyak mengandung unsur hara, pH tanah 5 – 7

Air cukup tersedia, karena tanaman ini peka terhadap kekeringan dan akan membusuk bila kelebihan air Membutuhkan penyinaran cahaya matahari penuh, untuk mempercepat proses pembungaan

2. Persiapan Lahan

Persiapkan tiang penopang untuk tegakan tanaman, karena tanaman ini tidak mempunyai batang primer yang kokoh. Dapat menggunakan tiang dari kayu atau beton dengan ukuran 10 cm x 10 cm dengan tinggi 2 meter, yang ditancapikan ke tanah sedalam 50 cm. Ujung bagian atas dari tiang penyangga diberi besi yang berbentulk lingkaran untulk penopang dari cabang tanaman

Sebulan sebeium tanam, terlebi dahulu dibuatkan Wbang tanan dengan ukuran 40 x 40 x 40 cm dengan jarak tanam 2 m x 2,5 m, sehingga dalam 1 hektar terdapat sekitar 2000 lubang tanam penyangga

Setiap tiang/pohon penyangga itu dibuat 3 – 4 Lubang tanarn dengan jarak sekitar 30 cm dari tian penyangga.

Lubang tanam tersebut kemudian diberi pupuk kandang yang masak sebanyak 5 – 10 kg dicampur dengan tanah

3. Persiapan bibit dan penanaman

Buah naga dapat diperbanyak dengan cara :
Stek dan Biji

Umumnya ditanam dengan stek dibutuhkan bahan batang tanaman dengan panjang 25 – 30 cm yang ditanam dalam polybag dengan media tanam berupa campuran tanah, pasir clan pupuk kandang  dengan perbandingan 1 : 1 : 1.
Setelah bibit berumur ? 3 bulan bibit siap dipindah/ditanam di lahan.

4. Pemeliharaan

Pengairan
Pada tahap awal perturnbuhan pengairan dilakukan 1 – 2 hari sekali. pemberian air berlebihan akan menyebabkan terjadinya pembusukan

Pemupukan
Pernupukan tanaman diberikan pupuk kandang, dengan interval pemberian 3 bulan sekali, sebanyak   5 – 10 Kg.

Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT)
Sementara belum ditemukan adanya serangan hama clan penyakit yang potensial. Pembersilhan lahan atau pengendalian gulma dilakukan agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman

Pemangkasan

atang utama ( primer ) dipangkas, setelah tinggi mencapai tiang penyangga ( sekitar 2 m ), clan ditumbuhkan 2 cabang sekunder, kemudian dari masing-masing cabang sekunder dipangkas lagi clan ditumbuhkan 2cabang tersier yang berfungsi sebagai cabang produksi.

5. Panen

Setelah tanaman umur 1,5 – 2 tahun, mulai berbunga dan berbuah. Pemanenan pada tanaman buah naga dilakukan pada buah yang memiliki ciri – ciri warna kulit merah
mengkilap, jumbai / sisik berubah warna dari hijau menjadi kernerahan. Pemanenan dilakulkan dengan menggunakan gunting, buah dapat dipanen saat buah mencapai umur 50 hari terhitung sejak bunga mekar

Dalam 2 tahun pertama. setiap tiang penyangga mampu menghasilkan buah 8 s / d 10 buah naga dengan bobot sekitar antara 400 – 650 gram

Musim panen terbesar buah naga terjadi pada bulan September hingga Maret

Umur produktif tanaman buah naga ini berkisar antara 15 – 20 tahun

About these ads

Posted on Juni 10, 2008, in Tanaman and tagged . Bookmark the permalink. 60 Komentar.

  1. Salam Sukses untuk petani Indonesia.Saat ini, saya telah membudidayakan buah naga jenis super red dengan populasi sekitar 3200 pohon. lokasi kebun saya di Malang Jatim. Dan memiliki persediaan bibit 15000 pohon dengan ukuran 30cm-120cm.. Apabila ada rekan yang berminat untuk investasi di buah naga merah, bisa hubungi saya di 081805028933 atau 022-76000123.
    email : sundayn16ht@yahoo.com
    web : http://www.dragononmalang.blogs.friendster.com

  2. Salam kenal saja. Saya baru memulai nanam buat pengisi tanah kosong.

  3. Salam kenal, buah naga kalo ditanam dipot bisa berbuah gak ya?
    saya nanam buah naga merah dipot kok pertumbuhannya gak bagus.
    mohon advis bagi yang ahli tabulampot.
    terima kasih

  4. Salam kenal pak Agus,

    Saya tertarik dengan budidaya buah ini, yang ingin saya tanyakan apakah budidaya buah naga ini bisa dilakukan di lahan dataran tinggi seperti di Magelang jawa tengah?

    Terimakasih

  5. wah…
    terim kasih setelah membaca artikel ini saya jadi tambah paham bagai mana pemeliharaan sampai dengan panen…
    makasih banyak ya!!!!!

    hari(red)

  6. Ass. Salam kenal. Bgmn cara penyerbukan bunga buah naga? Alami atau perlu bantuan petani. Tpt sy ada 80 pohn dan mulai berbunga, tp bunga mjd layu dan jatuh, penyerbukn tdk berhasil. Mhn solusinya. Trmksh. Wass

  7. makasih ya pak…
    tugas manajemen agribisnis saya jadi sempurna dengan adanya cara budidaya buah naga

  8. makasih info-nya, tapi aku mau nanya bagaimana bila budidaya buah naga dengan cara di pot?

  9. daratullaila nasri

    ass. saya tertarik dengan informasi ini. tapi di daerah saya di Bukittinggi apa bisa tumbuh tanaman ini? daerah saya dingin.

  10. sy mempunyai lahan di daerah Ciawi,Bogor Jawa barat.
    apakah buah naga dapat tumbuh di sana?
    pemeliharaannya mudah tidak?
    mohon jawabanya
    terima kasih.

  11. saya tertarik dengan budidaya buah naga,apakah tanaman ini bisa tumbuh didaerah kering dan bercadas?dengan curah hujan yang kurang?
    Terimakasih,,salam sukses…

  12. saya dari kalteng mau tanam buah naga dimana dapat bibitnya berapa harganya trim.s

  13. Saya mau bertanya!
    Apakah batang buah naga bs distek dg varietas y tdk se gen?
    Saya pernah mencoba stek buah naga super red dengan kaktus besar sbg batang induk!
    Bisa tumbuh tp apakah buah masih ttp sama atau sudah terjd kombinasi?

  14. saya pingin tanam buah naga di kupang ntt tapi tdk ada bibitnya yg di jual di kupang apakah ada yg bisa membantu saya dengan informasi bibit buah naga yg bisa didapat di ntt.trims.

  15. kalo untuk daerah berpasir bisa gak ya tumbuh???saya tertarik buat usaha ini harga bibitnya berapa ya pak??? terus bisa dikirim k daerah gak?? tolong di jawab y…bagi tman2 yang punya info kirim ke email a y….
    tolong dong jawaban pertanyaan yang lain di posting juga so yg laen tau jg..

    • Pak Taufik buah naga bis ditanam di lokasi manapun, karena bisa kita gunakan media yang sesuai untuk buah naga dan yang perlu diperhatikan cara penanaman yang benar dan pupuk yng bagus, kalau Pak Taufik berminat saya bisa bantu untuk bibit dan penanamannya. Mengenai harga bibit tergantung panjangnya dan jumlah bibit.

      untuk info selanjutnya bapak bisa email ke saya. Thanks

  16. Ada info untuk dapatkan bibit di Padang (sumatera barat)
    terima kasih

  17. Apakah penanaman di Jakarta(di atas dak rumah) dengan menggunakan pot, buah naga bisa bertumbuh dengan baik ?

    • Dear bu Rina,

      Penanaman bua naga di pot atau drum buah naga bisa tumbuh dengan baik, ini dilakukan untuk menanam buah naga dengan lahan yang kecil, dan penanaman di pot memudahkan perawatan dan pemupukan karena bisa lebih fokus tidak perlu pembersihan rumput atau penghalang pertumbuhan buah naga seperti pada penanaman di tanah pada lahan yang luas

  18. pak mohon petunjuk apakah buah naga merah perlu peyerbukan agar bisa berbuah

  19. Slam kenal buat bos2 smua.
    Saya Riant di SUMUT, Apakah buah naga bisa tumbuh dan berbuah didaerah yg dingin??
    Truzz ada info untuk dapatkan bibit di (sumatera utara)
    terima kasih

    • saya orang medan mas.. saya sedang membibitkan buah naga untuk di medann sekarang saya lagi di jogja untuk membeli bibitnya… bagaimana kalau kita kerja sama hub saya di 085228100626

    • saya juga ingin bertani buah naga di medan.. kebetulan saya nichh lagi di jawa sekalian ingin membeli bibitnya dari sini.. bagaimana kalau ita kerjasama. kalau berminat hubungi saya. di no 085228100626

  20. salam kenal Mas nama saya irwansyah saya mau tanya dimana saya bisa mendapatkan bibit buah naga lokasi saya disekitaran medan tolong informasinya dan tolong dbalas ke email : iirwansyah18@yahoo.co.id trimkasih sebelumnya.

    • saya juga ingin bertani buah naga di medan.. kebetulan saya nichh lagi di jawa sekalian ingin membeli bibitnya dari sini.. bagaimana kalau ita kerjasama. kalau berminat hubungi saya. di no 085228100626
      Balas

  21. mohon info buah naga merah sy di tanam di pot umur 1.5 thn sering berbunga tapi tidak menjadi buah bagaimana caranya agar dapat berbuah. trims [dj_gunadi@yahoo.co.id]

  22. Langsung aja, saya punya pohon buah naga tetapi keluar sulur warna putih dari batangnya (seperti tali putri pd teh-2an). apakah sulur ini normal atau ini sebuah parasit? mohon dibalas ya

  23. Terima kasih atas artikel ini saya ingin sekali bertanam buah naga ini cuma apakah cocok untuk kondisi tanah diriau?
    Kemudian berapa bibit tanam untuk satu tiang penyanggah?
    (saparudinodja@ymail.com)

  24. Aslm..Infonya sangat bagus.! Saya bermaksud membudidayakannya di aceh, sekira 1000 batang, apa saya bisa pesan bi2tnya? Dan gmn transaksinya! Trimaksih..

  25. Salam kenal,
    kita sedang mengembangkan kebun buah naga di Pacet – Jawa Timur.Kami akan berbagi pengalaman ttg buah naga merah ( super red ) yang sedang kami kembangkan . Dari pengalaman selama ini, sebaiknya ,kunjungi dulu kebunnya ,cicipi dulu buah naga yang bibitnya akan ditanam,kalau rasanya manis,renyah dan segar, barulah nego kalau mau beli bibitnya. Kalau rasa buah naganya kecut ,hambar dan lembek,mendingan diurungkan saja beli bibitnya, bisa rugi banyak.

  26. saat ini kami memiliki 2.000 pohon lebih buah naga merah. kami melayani penjualan bibit dan buah naga merah dengan harga 25.000/kg. Jika berminat silahkan hubungi kami (Bpk Rosi) 081-911857815/ 0274-6849125.

    email:rozi679@gmail.com
    alamat lokasi kebun: Ds. Padukan Rt.06 Rw.17 No. 25 Pakembinangun Pakem Sleman Yogyakarta 55582

  27. SAYA MAHASISWA IPB. SAYA MAHASISWA IPB, SELULUSNYA NANTI SAYA INGIN MENCOBA BUDIDAYA BUAH NAGA MERAH DI SUMBAWA BESAR, NTB. KIRA2 COCOK GA YA ?

  28. saya ingin budi daya buah naga tetapi belum tahu informasi mengenai bibit/ bagaimana cara mendapatkan bibit tsb mohon bantuannya dari fery andua kalimantan timur Tarakan

  29. terima kasih atas infonya… semoga bermnfa’at. insya Allah saya akan mencoba menanam buah naga.. tapi di mana ya saya bisa mendapatkan bibitnya??? saya tinggal batu sangkar. sumatera barat. thank’s atas infonya.

  30. berminat dengan ilmu ttg buah nag terbaru ,mari sharing dng saya

  31. Salam,
    Setelah saya baca semua tanggapan para pembaca artikel ini, kok semuanya engak ada di balas sama penulisnya? Padahal saya ingin sekali membaca apa jawaban-jawaban penulis terhadap pertanyaan para pembaca. :(

  32. CBG SKUNDER YG DI PANGKAS APAKAH BISA BUAT DI TANAM LAGI? DARI : UCOK ,TRKS.

  33. Terima kasih atas informasinya. Saya sudah menanam buah naga sekitar 800 batang ( 200 tiang) sayang kurang terawat karena belum punya tenaga yang membantu.

  34. salam sukses sy baru maumenanam buah naga minta saran kpn bibit buah naga baik untuk di tanam?

  35. wah ternyata harus menunggu sampai umur 2 tahun yach…

  36. saya punya buah naga, cara pembuahannya gimana ya??

  37. saya tertarik untuk usaha ini tapi blm ada modal,,,,,?????

  38. saya tertarik untuk usaha ini tapi belum ada modal,,,???????

  39. salam kenal buat pengusaha2 yang sukses

  40. Salam kenal,

    Di Padang pada pembibitan dan juga pada tanaman dimasa produksi kita anjurkan penggunaan Pupuk Orgasnik Plus DI GROW dan hasilnya sangat baik. info produk bisa dihubungi saya di 081315433422

  41. saya sangat tertarik dengan budidaya buah naga ini .
    saya tinggal di daerah Lamongan yang notabene daerah yang panas .
    apakah tanaman buah naga dapat tumbuh di daerah saya ?
    tolong di bales .

  42. Pak klu menstek baang buah naga kenapa batangnya selalu busuk,
    bagaimana cara pencegahannya,

    dan saya telah berhasil mengecambahkan buah naga dari biji hingga berumur 3 bulan

  43. saya dikien dari rimbo bujang, tebo jambi
    saya orang awan tentang buah naga, ingin bertanam buah naga dan sudah membacanya, yang ingin saya tanyakan
    obar apa saja yang harus di gunakan untuk perawatannya,
    dari mulai tanam sapai berbuah
    (sodikienmanja@yahoo.co.id)

  44. Salam buat Pak Agus R.
    Saya kal-sel B/MASIN AL saya :tepatnya Sungai Danau SATUI KAB TANAH BUMBU.
    Ada lahan lk 1000 mt/segi. Mau pesan bibit, brp harga nya uk 30 cm + ong kir ke Kalimantan.
    Terimakasih.
    Tolong Info Akurat ke nope 085393835115

    Or
    email- harpuyu@gmail.com

  45. saya jdi ingin lebih tahu tentang budi daya buah naga. Bagaimana ea caranya…? (fiki_smk pertanian putra jaya stabat)

  46. Saya mempunyai lahan tapi kayaknya tempat saya tinggal di dataran tinggi. Saya sangat awam dengan buah naga, harap bimbinganya dan bagai mana kira kira apakah bisa buah naga ditanam di dataran tinggi. Terimakasih atas balasanya.

  47. Bibit Buah Naga, Ferdy 085649842128

    Bibit Buah Naga, Ferdy 085649842128

    Bibit Buah Naga, Ferdy 085649842128

    Bibit Buah Naga, Ferdy 085649842128

  48. Salam kenal buah naga saya mu nanya kira2 buah naga bisa di tanam di tempat dingin

  49. Saya Erna , punya lahan dan ingin mengembangkan segala jenis buah tak ketinggalan buah naga. Saya ingin buat Taman Mekar Sari ala Saya …..mohon doa restunya he….he yaah sekalian memelihara alam dan tanah kita

  50. SISTIM WARALABA MURNI SALING MENGUNTUNGKAN

    buah naga comunity membuka pengembangan kerjasama murni dan saling menguntungkan ,di mana pihak perusaan kami dan investor sama diuntung
    an dari segala aspek baik secara positif ataupun negatif
    Kerjasama mengacu pada sistem waralaba dimana investor di libatkan langsung secara aktif di dalam pengelolaanya
    1.penanaman jenis tanaman 7 varietas
    2.pembuatan p…upuk di kelola langsung di kebun
    3.market buah pihak investor di libatkan secsra langsung
    4.sistem manajerial kedua belah pihak saling bersinergi
    5.rancanga ekspansi lahan ke depan secara bersama2

    Permodalan baik secara langsung ataupun tidak langsung di tanggung bersama dengan pola presentase modal
    perusahaan menjamin secara tehnis berkala dan menggaransi penuh atas kelangsungan kebun secara permanen

    jika anda berkenan bisa hub langsung dengan perusahaan

  1. Ping-balik: atikachairani » BIOTEKNOLOGI MIKROBA

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: